Buku Pintar Robotika + Bonus CD

B142

Baru

Stok Habis

Rp. 212.000


Buku Pintar Robotika + Bonus CD

ISBN: 978-979-29-1746-8
Penulis: Taufiq Dwi Septian Suyadhi
UkuranHalaman: 19x23 cm xxxvi+576 halaman
EdisiCetakan: I, 1st Published
Tahun Terbit: 2011


Sinopsis
Buku Pintar Robotika + CD
Penulis: Taufiq Dwi Septian Suyadhi

Melanjutkan buku pertama, Build Your Own Line Follower Robot, buku Robotika (Panduan Belajar & Pelatihan Robotika) ditulis dalam rangka mengenalkan dan mengembangkan ilmu robotika di Indonesia. Meskipun sederhana dan dengan pembahasan tingkat dasar, buku ini mampu memberikan informasi lengkap kepada pembaca mengenai ilmu robotika. 
Buku ini membahas beberapa hal mengenai ilmu robotika: pengenalan dasar ilmu robotika, pengenalan komponen dasar elektronika, pengenalan catu daya (power supply) stabil, pengenalan elektronika digital, pengenalan sirkuit terpadu (integrated circuits, IC), baik IC analog (tidak terprogram) maupun IC digital (terprogram), pengenalan dan pembuatan sensor pada suatu robot, pengenalan jenis perangkat pengendali pada robot, pengenalan IC mikrokontroler, pengenalan penggerak motor (motor driver), pengenalan peralatan praktikum robotika, pengenalan dan pembuatan robot pengikut cahaya (light follower robot) dan robot pengikut garis (line follower robot), dan terakhir, pengenalan beberapa kontes robot yang pernah diselenggarakan serta tip dan trik untuk mengikuti kontes robot.
Buku ini sangat sesuai bagi pembaca dari berbagai kalangan yang tertarik untuk mempelajari ilmu robotika, mulai dari pelajar SD, SMP, SMA/SMK, pehobi robotika pemula, mahasiswa, masyarakat umum, guru sampai trainer/tentor pelatihan robotika dari berbagai lembaga pelatihan keterampilan SDM.
Untuk para guru, dosen, atau pelatih, buku ini dapat digunakan sebagai buku panduan belajar ilmu robotika dan panduan pelatihan. Untuk para siswa atau mahasiswa yang ingin mengikuti kontes robot pengikut garis atau pengikut cahaya atau juga Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), buku ini dapat digunakan sebagai panduan awal dalam belajar robotika.

Secara umum pembahasan buku ini adalah sebagai berikut: 
1. Pengenalan Robotika,
2. Komponen Dasar Elektronika,
3. Catu Daya (Power Supply), 
4. Elektronika Digital,
5. Sirkuit Terpadu (Integrated Circuits), 
6. Sensor,
7. Peranti Pengendali Robot,
8. Mikrokontroler,
9. Penggerak Motor, 
10. Peralatan Praktikum Robotika, 
11. Robot Pengikut Cahaya, 
12. Robot Pengikut Garis, dan
13. Kontes Robot.

Related Products